» » Kegunaan Benda Berdasarkan Kemampuannya Menghantarkan Panas

Kegunaan Benda Berdasarkan Kemampuannya Menghantarkan Panas

Written By Hafizul Hamdi | Jumat, 26 Juli 2013

Kegunaan Benda Berdasarkan Kemampuannya Menghantarkan Panas - Umumnya peralatan memasak terbuat dari logam karena sifatnya yang mudah menghantarkan panas. Contoh logam adalah aluminium, besi, dan baja. 

Panci biasanya terbuat dari aluminium yang mampu menghantarkan panas. Panci menghantarkan panas dari api kompor menuju bahan makanan yang sedang dimasak. Setrika biasanya terbuat dari besi yang menghantarkan panas ke pakaian yang disetrika.

Selain logam, bahan yang tergolong konduktor adalah kaca. Kaca termasuk bahan konduktor, tetapi sifat hantaran panas kaca tidak sebaik logam. Tidak semua kaca sebagai penghantar panas, ada juga jenis kaca yang tahan panas. Jenis kaca tahan panas digunakan untuk membuat tutup peralatan memasak. 

http://www.sibarasok.com/2013/07/kegunaan-benda-berdasarkan-kemampuannya.htmlSelain mudah menghantarkan panas, kaca juga memiliki sifat tembus pandang. Bahan kayu dan plastik tergolong isolator karena tidak mudah menghantarkan panas. Oleh karena itu, bahan kayu dan plastik digunakan untuk membuat pegangan alat memasak. Misalnya, pegangan panci, pegangan penggorengan, pegangan sudip, dan tutup gelas.

Pegangan setrika juga terbuat dari plastik atau kayu. Oleh karena itu, saat menyetrika tangan kita tidak merasakan panas. Pernahkah kamu melihat solder ? Solder digunakan untuk mematri. Batang pada solder terbuat dari bahan konduktor (logam). Sebaliknya, pegangan solder terbuat dari bahan isolator (plastik). Alat patri ini digunakan untuk melelehkan timah guna menambal panci yang bocor.

Pegangan wajan patri terbuat dari bahan isolator. Karena itu kita tidak perlu menggunakan kain (cempal) untuk mengangkat alat memasak tersebut dari kompor. Coba perhatikan penjual nasi goreng waktu memasak. Biasanya pegangan panci yang ia gunakan terbuat dari gagang kayu yang panjang. 

Akibatnya wajan menjadi tidak panas ketika dipegang. Bahan isolator juga digunakan untuk membuat gagang payung. Coba amati gagang payungmu. Terbuat dari apakah gagang payung tersebut ? Bahan isolator digunakan pada gagang payung agar tidak menghantarkan dari sinar matahari.

Selain kayu dan plastik, bahan isolator lainnya adalah kain dan gabus. Kain digunakan untuk mengangkat panci dari kompor, agar tangan kita tidak kepanasan. Gabus sering digunakan sebagai tutup (sumbat) botol atau termos.

Perlu untuk diingat

1. Benda dikelompokkan menjadi benda konduktor dan isolator berdasarkan sifat penghantar panas.
2. Konduktor panas adalah benda-benda yang dapat atau mudah menghantarkan panas contohnya adalah logam (besi, baja, aluminium, dan tembaga) dan kaca.
3. Isolator panas adalah benda-benda yang tidak dapat atau sukar menghantar panas
Contohnya adalah kayu, kain, plastik, dan gabus.
4. Peralatan dapur seperti panci, penggorengan, dan setrika terbuat dari logam. Oleh karena itu, benda-benda tersebut memiliki sifat mudah menghantarkan panas.
5. Bahan isolator digunakan untuk membuat pegangan panci, penggorengan, setrika, solder, dan payung. Hal ini menyebabkan benda-benda tersebut sukar
menghantarkan panas.

Demikianlah Materi Kegunaan Benda Berdasarkan Kemampuannya Menghantarkan Panas, selamat belajar.
Silahkan Berbagi :

Materi Pelajaran SMA = Pusat Materi Pelajaran SMA dan Pengetahuan Umum

thumbnail Title : Kegunaan Benda Berdasarkan Kemampuannya Menghantarkan Panas
Description : Kegunaan Benda Berdasarkan Kemampuannya Menghantarkan Panas - Umumnya peralatan memasak terbuat  da...

Jika Ingin Memposting Ulang Artikel Ini, Harap Sertakan Link Dibawah Sebagai Sumber, Atau Akan Diproses Secara Google DMCA Takedown, Terima Kasih.


 
Support : URL Submit | hypersmash | Pingates
Copyright © 2011 - Materi Pelajaran SMA - All Rights Reserved
Developed by Kiat dan Cara
Powered by Blogger
Best View : 1366 x 768 pixel